Friday, 8 February 2019

Hotel Review - Hotel De Paviljoen Bandung


Biasanya, butuh waktu berbulan-bulan setelah staycation untuk saya punya mood nulis review suatu hotel di blog ini. Tapi kali ini berbeda. Saya udah ga sabar ingin berbagi pengalaman dengan temen-temen pembaca semua sejak hari H saya menginap di hotel ini. Karna berkesan sekali pastinya :-)

Kalo kamu sering lewat ke Jalan Riau Bandung, pasti ga asing sama hotel yang eyecatching, dengan area pejalan kaki yang nyaman didepannya dan seru buat foto-foto atau nongkrong bareng temen. Yaps, Hotel De Paviljoen Bandung yang terletak di Jl. R.E. Martadinata 68 Bandung (aka jalan Riau) dengan tinggi 12 lantai dan memiliki 145 kamar yang unik ini menjadi salah satu bangunan menarik di Jalan Riau. Kawasan ini sering dikunjungi wisatawan domestik ataupun penduduk lokal, karna banyaknya pusat kuliner dan belanja yang berjajar manis.

Hotel De Paviljoen Bandung adalah hotel berbintang empat yang memiliki dekorasi bergaya kolonial kontemporer yang unik. Sejak pertama masuk ke dalam hotel, kita dapat langsung merasakan dan melihat dekorasi menarik dan juga banyak lukisan-lukisan cantik. Kaken pun langsung beraksi minta difoto sama ayahnya :-D


Beberapa lukisan yang ada di lobby

Sebenernya, ini kali kedua saya sekeluarga menginap di hotel ini. Yang pertama adalah waktu saya hamil tua, dua minggu sebelum Dejas lahir. Waktu itu kami menginap di kamar tipe Deluxe. Nah kenapa ga saya tulis reviewnya di blog? Karna pengalaman pertama saya kurang menyenangkan. Bukan karna kondisi hotelnya, tapi karna waktu itu saya diserang kontraksi palsu sepanjang hari wkwkkw. Boro-boro bisa mikir mau review apaan.  Yang ada malah siaga untuk brojol karna kandungan memang sudah masuk ke usia 41 minggu.

Pengalaman saya yang kedua adalah awal Februari 2019 ini. Alhamdulillahnya, saya menginap di kamar tipe Executive Club yang ukurannya jelas lebih luas dan lebih nyaman buat anak-anak.

Proses Check In

Seingat saya, dulu waktu pertama menginap disini, proses check in berlangsung cepat dan mudah. Sayangnya kali ini, hotel sedang dalam kondisi ramai-ramainya karna banyaknya rombongan yang akan menginap. Proses check in jadi cukup memakan waktu lama. Meskipun begitu, saya tetap dilayani dengan ramah oleh petugasnya, walaupun keliatan sekali kondisinya sedang hectic :-)

Menurut saya, ada baiknya disediakan counter check in khusus orang-orang yang membawa rombongan, ataupun untuk yang gendong anak macam saya. Maaf yah bukannya pengen dispesialin, tapi banyak hotel yang sudah melakukannya. Seengganya untuk orang tua, ibu hamil, dan ibu yg membawa anak disediakan kursi.
Check in Area..tuh saya yg lagi gendong bayi gede :-D
Fasilitas Kamar
Disini saya akan bahas dua tipe kamar yang pernah saya coba ya biar adil dan damai. 

Hotel ini memiliki 104 kamar tipe deluxe yang memiliki luas kamar 26 meter persegi. Dilengkapi dengan satu king bed atau dua twin bed yang nyaman buat bobo cantik. Kebersihan kamarnya patut diacungi jempol, dan lagi-lagi dekorasi kamarnya sangat menarik. Ada hal yang berbeda dibandingkan hotel lainnya. Tipe kamar ini memiliki area toilet dan shower dalam bilik terpisah, namun area wastafelnya terbuka.

Oh ya, ada dua hal yang menjadi nilai minus buat kami di tipe kamar ini. Yang pertama adalah bilik toiletnya terasa pengap dan sirkulasinya kurang bagus. Yang kedua adalah bilik shower yang kacanya aga-aga tembus pandang gitu. Walaupun saya perginya sama keluarga, tetep aja saya malu dan merasa ga nyaman kalo lagi pake shower. Apalagi yang perginya sama orang lain ya hehehe. Oh ya, karna dari area tidur langsung nyambung ke area wastafel, jadinya kerasa dingin  dan lembab dimalam hari.

Tapi diluar itu, kamar ini sangat nyaman ko. Mungkin saya aja yang aga lebay ngurusin masalah kenyamanan ampe hal sekecil mungkin. Atau mungkin karna saya dulu lagi hamil gede, jadi lebih sensitif dan merasa selalu benar :-D

Dulu saya menginap waktu masih punya satu anak. Rasanya kamar ini masih cukup luas. Tapi untuk saat ini, kayanya aga sempit untuk dua anak yang doyannya lari-larian dan manjat-manjatan macam Kaken dan Dejas.

Oh ya Rate kamar ini berkisar 700an tergantung tanggal ya.

Area wastafel terbuka di sebelah bed

Design Interior unik

Lampu yang disudut itu bikin pengen bawa pulang

Untuk yang kedua, saya menginap di tipe kamar Executive Club dengan luas 36 meter persegi. Kamar ini memang letaknya menghadap pemandangan Bandung yang indah untuk kita bersantai, Saat pertama kali masuk ke dalam kamar, kami terkesan dengan kerapihan dan kebersihannya. Meskipun tidak terlalu luas, namun tata letak furniture dan dekorasinya membuat kita nyaman berlama-lama di dalam kamar. Seperti biasa dikamar disediakan  teko pemanas air, air mineral, teh dilmah beraneka rasa favorit saya, dan coffee creamer gula sachetan. Kamar ini memiliki tiga area, yaitu area ruang tamu, area tidur, dan area kamar mandi.

Saat pertama membuka pintu kamar, kita akan disambut oleh area ruang tamu yang homy. Terdapat dua sofa nyaman, meja kaca dan televisi dengan design kontemporernya. Ini area favorit suami dan anak-anak. Enak banget buat unyel-unyelan kumpul keluarga. Area ruang tamu dan area tidur dibatasi partisi yang berupa cermin, sehingga meskipun ruang tamu ini luasnya terbatas, namun nampak lega.



Area tidur di kamar Executive club ini menjadi favorit saya, karna selain dilengkapi kasur ukuran besar yang muat untuk kami berempat, ruangan ini juga dilengkapi televisi juga. Jadi ga rebutan sama anak-anak khann... Oh ya, yang paling saya suka adalah cermin besar yang disudut ruangan, serta posisi kasur yang tepat dihadapan jendela kaca besar. Sambil tiduran di kasur aja, saya bisa menikmati keindahan kota Bandung sore dan malah hari. Ahhh ini bener-bener bikin saya betah dikamar.



view dari jendela depan kasur
Yang terakhir adalah area kamar mandi. Ini kayanya jadi favorit kita semua hahaha. Jadi dari ruang tamu dan dari ruang tidur, masing-masing ada pintu menuju kamar mandi, Jadi sejak baru dateng ke kamar ini, anak-anak rame lari-larian masuk dari satu pintu dan keluar dari pintu lainnya. Kalo dilihat difoto diatas, ada lemari putih besar. Nah lemari tersebut punya dua sisi pintu. Jadi bisa dibuka dari ruang tidur maupun dari kamar mandi. Bisa ditebak kan apa yang dilakukan anak-anak? Keluar masuk lemari juga udah bikin mereka seneng :-D

Kamar mandinya luas shayy. Bersih dan nyaman. Di sebelah kiri terdapat dua bilik terpisah antara shower dan toilet, lalu diarea tengah ada wastafel dan cermin besar lengkap dengan segala aminities standar macam sabun, sampo, lotion, sikat gigi, dan lain lain. Di sebelah kanan terdapat bathtub besar cantik dan bersih, tepat dibawah jendela yang menghadap keluar. Ah senangnya bisa berendam sambil menikmati suasana Bandung di malam hari.

Rate kamar tipe Executive club ini sekitar 1,4 juta. Selain dua tipe kamar diatas, masih ada beberapa tipe kamar lain dengan harga yang bervariasi. Bisa dicek langsung di web hotel atau di situs booking online ya gengs.


bilik kiri : shower, bilik kanan : wc
view dari area bathtub

Resto dan Lounge
De Paviljoen memiliki beberapa area Restoran dan Lounge, yaitu Keuken Resto, Koffie corner dan Vesper Sky Bar and Lounge.

Untuk sarapan, kita dapat menikmatinya di area Keuken Resto maupun Koffie Corner yang ada di lantai dasar. Keuken resto ini areanya sampai ke pelataran hotel loh. Disana terdapat juga kolam ikan yang cantik. Jadi sambil sarapan, anak-anak bisa senang liat-liat ikan.

Menu sarapannya sangat beragam, bukan hanya buffet, pastry, dan dessert aja, tapi juga banyak makanan khas Jawa Barat yang disajikan. Karna saya sekeluarga memang ga biasa sarapan banyak-banyak, kita hanya cicip buffet dan buah potongnya aja. Padahal saat itu juga ada empal gentong, mie ayam, dll.

Suasana saat sarapan juga enak. Design Keuken Restoran yang lagi-lagi unik ini bikin kami betah berlama-lama. Sehabis sarapan, kami langsung berfoto ria sambil berjemur di pelataran hotel.

Untuk Vesper Sky Bar and Loungenya ga sempet kami lihat. Karna kami cuma semalam disana, jadi waktunya berasa kurang :-)






Kolam di area sarapan bikin adem

Berhenti makan sebelum kenyang, meskipun banyak yang bisa dimakan :-)
Eh nemu foto Ken di area teras Keuken Resto 2 taun lalu waktu doi masih langsing



Fasilitas Hotel
Dulu waktu masih berduaan sama suami, kalo mau staycation, yang penting lokasinya oke biar bisa sambil main. Tapi kalo sudah berbuntut beda lagi sodara-sodara. Yang dicari adalah hotel dengan kamar luas dan fasilitas lengkap. Seengganya, kalopun cuma diem doang di hotel, anak-anak udah seneng dan emak bapaknya ga cape dan ga harus keluar budget lagi buat jalan-jalan :-D

De Paviljoen ini udah sangat sempurna buat bawa main anak-anak. Fasilitasnya lengkap dan bagus. Meskipun hanya berhibernasi di dalem hotel, banyak aktivitas yang bisa dilakukan para krucil.

Kolam renang sudah pasti menjadi prioritas utama kalo mau pilih hotel buat staycation. Beberapa kali saya menginap di hotel-hotel baru, dengan kolam renang di rooftop, tapi hanya cocok buat foto-fotoan. Kebanyakan kolamnya sempit, jadi ga bisa renang "beneran".

Berbeda dengan di De Paviljoen ini. Kolamnya ada di lantai tiga dan cukup luas dengan view yang juga indah. Ada juga kamar tipe Suite dua lantai yang tepat berada dipinggir kolam renang. Selain kolam renang, ada juga The Kids Club yang dilengkapi beragam mainan. Udah pasti anak-anak bakal suka ya. Kita bisa pake Kids Club ini sepuasnya kan selama menginap di hotel.


Ada juga The Gym dan The Spa yang bisa kita nikmati. Tapi berhubung saya pergi bersama anak-anak. Bisa sempet berendam di bathtub dalem kamar juga udah seneng. Saya bawa bathboom dan scrub dari rumah. Jadi bisa me time :-)




Secara garis besar, saya merekomendasikan hotel ini untuk staycation bersama keluarga. Begitu juga untuk temen-temen dari luar kota yang cari hotel untuk bersantai di kota Bandung. Hotel ini memiliki keunggulan dari segi fasilitas dan lokasi. Meskipun ratenya terbilang cukup mahal. Ada beberapa hotel berbintang lima yang ratenya lebih murah tetapi memang tidak senyaman De Paviljoen ini.

Oh ya, saya selalu booking hotel melalui Agoda. Menurut saya, rate di Agoda selalu yang terbaik di banding situs booking online lain.

Tertarik buat booking hotel ini? Silahkan klik link berikut :

26 comments:

yesi haerunisa said...

Iparku pernah nginep sini dan memang kayaknya bagus bnaget ya tapi dulu urung karena harga di traveloka masih amat fantastis eeeeh buka link teteh ku amaze kok murah amaaat kzl. makasi banyak teh info linknya semoga ada waktu pengen coba staycation disni hihi

Turis Cantik said...

Lengkap juga fasilitasnya ya mbak, buat anak juga ada. Anyway, cermin dlm kamar cocok buat ootd ya heheheb

Rara febtarina said...

dulu aku pernah hotel tour kesini, kebita pisan, punya gaya arsitektur yang khas, bahkan setiap sudut mantep buat jadi bahan foto teh

Mega Kartiwan said...

Aahh aku pengen staycation disini.. aku pernahnya staycation disebelahnya ditebu hehe. Aku selalu excited kalo dapet kamar ada bathtubnya hehe katro banget yah aku. Tp ntah kenapa yah rate hotel dibandung ini klo menurutku masuk kategori mahal daripada bali hmmm

Anisa Firdausi said...

Yang bikin mupeng bgt itu bathtub yang nggadep ke jendela ya. Berendem sambil liat lampu2 bandung malem hari.. wuaaah.. insya allah next time coba ah..

sucijewels said...

hotelnya nyaman apalagi untuk bersantai bersama keluarga

Nchie Hanie said...

Waah, Mantul staycation bareng keluarga yaa. Emang enakeun hotel nih, strategis pulaaa. Ayo atuh kita ngopi di rooftoop

widya nuraini said...

Wah selain nyaman banget hotelnya child friendly juga ya..cocok nih buat family time biar anak gak bosen..

Ratnasari Pevensie said...

Kalo lagi staycation sama ponakan kecil ke hotel pasti liat dulu ada kolam renangnya atau engga hehe
Btw, ini comfy banget yaa tempatnya

Yola Widya said...

aku tertarik dengan menu makanan khas daerah yang disajikan, hotel ini bisa jadi referensi buat teman-temanku yang pikinik ke Bandung

Green Lady said...

Jadi kepengen staycation di sini jugakk, enakeunnn hotelnyaa

Novya Ekawati said...

wah..serunya mbak, hmmm...aku di Bandung, masak mo nginep kesana..tapi sesekali dicoba boleh juga kali ya mbak, makasih sharingnya mbak :)

Irra Octaviany said...

Hotelnya nyaman banget ya teh. Lagi nyati tempt staycation yang oke juga sih. Kayaknya tempat ini bisa jadi pilihan sukaaa ada tempat mainnya juga..

Grandys said...

Ini super lengkap banget teh review nya. Sekarang pilihan liburan sih emang buat staycatio yg langsung bisa dapet view bagus. Kamar mandinya gede banget ini mah teh, cucmey laaah

revina kreasidya said...

Menurut ak hotel d bandung skrg tuh pada mahal teh.. Terutama hotel2 baru gini. Ak suka nyaranin buat cari hotel lama dengann kamar luas n rate lebih murah 😁

revina kreasidya said...

Tsahhhh bener banget mba..cerminnya bisa dpake bikin content 😁

revina kreasidya said...

Betulllll

revina kreasidya said...

Setujuuuu ak pun ngrasa gtu. Skrg Bandung rate hotel mahal banget. Bahkan kalo ak bandingin ma KL, untuk kamar yg setipe bisa lebih mahal di Bandung 2 kali lipat 🤣🤣🤣

revina kreasidya said...

Nahhhh itu nis. Akupun berendem malem2 pas anak2 dah pada tidur 😁

revina kreasidya said...

Cuss teh pengen deh ngobrol2 bareng teh nchie...

revina kreasidya said...

Yapp jadi anak2 tetep happy walopun diem doang di hotel

revina kreasidya said...

Recommended say

revina kreasidya said...

Ya betul, menu makanan nusantaranya juga banyak pilihan tehh

revina kreasidya said...

Iyws enakeun bawa keluarga mpuz

revina kreasidya said...

Akupun di Bandung 😂😂tp drpada makan diluar or ketempat wisata yg sekarang pada mahal, ak lebih seneng staycation teh..udah include breakfast sepuasnya, renang sepuasnya, plus kids clubnya..jadi anak2 seneng dan emaknya bisa lenjeh lenje 😁

revina kreasidya said...

Yapp lokasinya juga strategis