Tuesday, 20 November 2018

Day 1 BPN30dayChallenge2018 : Kenapa Masih Ngeblog?


Sebelumnya, tepat pada Hari Blogger Nasional yang jatuh pada tanggal 27 Oktober kemaren, saya sudah pernah menulis tentang alasan kenapa saya tertarik untuk mempunyai sebuah blog. Ditulisan itu, saya lebih banyak flashback ke cerita awal saya ngeblog dan sedikit berbau curhat colongan. Untuk lengkapnya bisa dibaca di link berikut :

Seiring berjalannya waktu, banyak banget orang yang nanya tentang gimana caranya saya tetep bisa ngeblog ditengah aktivitas sebagai istri, ibu dua orang anak, karyawan kantoran, dan sekaligus punya bisnis kecil-kecilan.

Seperti yang saya tulis di tulisan sebelumnya, ngeblog buat saya adalah sarana me time yang efektif menghilangkan kejenuhan dari rutinitas yang seabreg-abreg.

Saya biasa menuliskan apapun yang saya suka. Dari mulai tentang how to be me as working mom, cerita saat liburan ma keluarga, review hotel tempat staycation, dan sedikit tentang kecantikan. Walaupun terkadang memang ada pesan sponsor yang tersurat ditulisan saya, tapi saya tetap menikmatinya sebagai obat untuk tetap "waras".

Tentang gaya bahasa dan ejaan pun saya lakukan sesuai keinginan dan gaya saya sendiri. Reader yang bertambah hanyalah bonus yang saya terima. Bukan target utama saya ngeblog. Sehingga aktivitas ngeblog jadi lebih ringan dan menyenangkan tanpa beban.

Ngeblog adalah sarana saya menyalurkan hobi nulis dan alhamdulillahnya sekarang bisa jadi sarana mendapatkan penghasilan tambahan.

Kalo ditanya : "Gimana cara ngatur waktu untuk tetep bisa konsisten nulis blog?"

Saya biasanya menulis di dua waktu tertentu ditengah rutinitas saya.
1. Saat malam hari disaat suami dan anak-anak udah pada nyenyak, bahkan terkadang sambil meng-Asi-hi si bungsu yang berumur 1,5 taun. Biasanya dimalam hari saat suasana udah sepi itu, menulis bisa lebih tenang dan fokus. 
2. Saat istirahat makan siang di hari kerja. Jujur aja mungkin ini bukan kebiasaan baik. Saya biasa menghabiskan waktu makan siang dengan tetap duduk di depan laptop (sambil makan 😅). Nah biasanya, di waktu inilah saya melakukan editing dan posting tulisan yg sudah ada di draft pada malam sebelumnya.

Hal yang saya rasa sangat bermanfaat di kehidupan saya sebagai blogger adalah dengan ikut gabung di komunitas-komunitas blogger. Selain bisa mendapatkan info mengenai job or event seputar blog, saya juga mendapatkan banyak kenalan baru. 

Saya pribadi sangat selektif memilih komunitas, karena waktu yang saya punya untuk ngeblog ga banyak dan ga fokus. Saya hanya bergabung di dua komunitas yang saya udah sreg didalamnya.

Saya bisa banyak belajar dari temen-temen saya dikomunitas. Baik dalam hal menulis ataupun hal lainnya. Gabung dikomunitas juga bisa menambah motivasi untuk terus menulis. 

Satu bulan kedepan ini, saya nekat menerima tantangan dari blogger perempuan untuk ikut challenge menulis satu postingan setiap harinya. Enaknya sih temanya sudah ditentukan, jadi saya ga akan kehabisan ide tulisan. Kenapa saya berani ikutan, padahal setiap harinya masih suka berasa ga punya waktu? Justru dengan ikutan kegiatan ini, saya berharap bisa konsisten nulis dan blog ini ga bersarang laba-laba 😁

#bloggerperempuan #BPN30dayChallenge2018 #Day1

No comments: