Saturday, 24 November 2018

Day 4 BPN30dayChallenge2018 : Belajar dan Berkembang di BPNetwork



Blogger Perempuan adalah komunitas pertama yang saya ikuti sejak sekitar 2 tahun lalu. Sebelumnya, di 3 tahun pertama saya ngeblog, saya sama sekali tidak tertarik untuk bergabung dikomunitas apapun.

Kebiasaan lingkungan sosial saya sejak jaman kuliah hingga bekerja yang didominasi kaum lelaki (kebetulan saya berkecimpung di dunia IT), menyebabkan saya sering merasa malas dan kurang sreg jika harus bergabung disebuah lingkungan yg didominasi wanita.

Tetapi itu dulu, jauh bertahun tahun kebelakang. Sampai akhirnya saya merasa membutuhkan ilmu dan bimbingan untuk mengambangkan blog pribadi yang saya miliki. Banyak hal yang tidak saya pahami tentang dunia perblogan. Terutama dalam hal bagaimana blog kita bisa lebih berkualitas dan enak dibaca.

Akhirnya pada tahun 2016, saya mencari komunitas yang bisa memenuhi kebutuhan saya saat itu. Dan saya memutuskan untuk gabung di Blogger Perempuan. 

Awalnya saya hanya ikut kegiatan blog walking yang memang sangat terasa efeknya dalam meningkatkan performa blog. Sampai akhirnya blog saya memenuhi kriteria dalam mengikuti Blogger Perempuan Network (BPN).

BPN ini menjadi wadah bagi para blogger yang ingin menjadi professional dibidang ini. Namun, blogger yang tergabung didalamnya memang harus memenuhi kriteria tertentu dan bertindak penuh tanggung jawab.

Hal yang paling berkesan adalah saat saya baru saja sekitar sebulan bergabung dengan BPN, saya menjadi salah satu dari tiga blogger yang terpilih untuk mereview produk dari salah satu Bank ternama di Indonesia. Pada saat itu, fee yang saya dapatkan cukup tinggi buat saya yang masih baru mencoba lebih fokus di dunia blog.

Pengalaman tersebut membuat saya termotivasi dan percaya diri bahwa blog saya bisa bersaing di dunia maya ini. Sejak saat itu, setiap bulannya saya selalu mendapatkan pekerjaan baik berupa content placement ataupun campaign berbayar. 

Namun sayangnya produktifitas saya sempat menurun saat baru melahirkan. Setaun kebelakang ini, saya baru memulai aktif lagi di dunia blog.

Sebenarnya, bukan hanya soal pekerjaan atau penghasilan tambahan yang saya dapatkan dari BPN. Saya juga mendapatkan banyak ilmu tentang blog dari sharing bersama para senior serta menambah pengalaman melalui lomba blog. Saya juga berkesempatan mengenal banyak orang orang hebat. Selain itu, kesempatan untuk hadir di event event yang diadakan blogger perempuan pun terbuka lebar

Sayangnya, saya belum bisa mengikuti event2 yang kebanyakan diadakan di jabodetabek. Oleh karena itu, ditahun ini saya bergabung juga dengan komunitas lokal blogger di Bandung yang bisa jadi tempat saya belajar langsung bersama teman-teman blogger Bandung lainnya.

Oh ya, dengan mengikuti #bpn30dayschallenge2018 ini, saya berharap bisa memotivasi saya untuk lebih rajin menulis. Semoga saya bisa konsisten.

Terima kasih BPN sudah menjadi wadah untuk saya belajar dan berkembang bersama blogger-blogger perempuan lainnya.

No comments: