Friday, 23 November 2018

Day 3 BPN30dayChallenge2018 : Memilih Nama Blog yang Tepat


Hula…memasuki hari ketiga dari #bpn30dayschallenge2018 yang sedang saya ikuti, kali ini temanya adalah Kenapa Memilih Nama Blog yang sekarang digunakan. 

Memilih nama blog yang tepat, bukanlah hal yang mudah saat awal saya berniat memiliki sebuah blog. Jujur saja, saya sudah 4 kali mengganti nama blog. Nama revinakreasidya.com akhirnya saya pilih sejak saya memilih mengunakan TLD (Top Level Domain). Apa Itu Top Level Domain? Top Level Domain adalah segmen terakhir dari nama domain. Dikenal juga sebagai akhiran dari sebuah domain. Atau merupakan bagian yang mengikuti final ‘dot’ di URL kita (seperti .com, .co, dll). 

Menurut saya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita akan menentukan nama blog yang akan kita gunakan. 

1. Pilih nama domain yang mudah diingat dan diketik.
Terkadang kita ingin nama blog kita itu merepresentasikan diri kita. Tapi jangan sampe nama blog kita malah terkesan aneh dan sulit diingat pembaca. Dan yang terpenting, pastikan tanpa penulisan bahasa 4L4Y. 

2. Pilih nama yang kreatif dan menarik 
Hal ini penting sebagai langkah awal untuk menarik orang membaca blog kita. Pernahkah kamu membuka sebuah blog or website karna namanya? 

3. Hindari nama blog yang terlalu panjang 
Nama yang singkat lebih mudah diingat. Semakin mudah diingat, semakin besar peluang pembaca akan kembali mengunjungi blog kita. Pengalaman saya, kadang saya menemukan blog yang bagus, namun akhirnya saya bingung saat ingin mengunjunginya lagi karna namanya yang sulit diingat dan terlalu panjang, 

4. Pilih nama yang sesuai peruntukan blog 
Kenapa saya memilih nama revinakreasidya untuk blog saya? Kreasidya adalah nama usaha souvenir yang saya punya, yang ingin saya kenalkan ke orang banyak. Kreasidya sendiri memiliki kepanjangan Kreasi Widya (nama depan saya). Meskipun sekarang blog saya udah bukan hanya untuk keperluan bisnis, tapi saya enggan menggantinya karna sudah sangat sesuai dengan diri saya. 

5. Hindari penggunaan angka dan karakter khusus 
Menurut saya, ini adalah hal yang penting namun masih sering terjadi. Nama blog yang mengandung angka atau karakter khusus (misal : underscore), biasanya lebih sulit diingat dan rentan terjadi kesalahan ketik. 

Sebenernya masih banyak yang harus jadi bahan pertimbangan kita saat akan menentukan nama blog, namun 5 hal diatas dapat menjadi pegangan awal kita agar lebih mudah menentukan nama yang tepat. 

Saya pribadi sudah sangat sreg dengan nama blog saya yang sekarang. Karena sangat mewakili diri saya. Meskipun blog lebih baik disesuaikan dengan niche yang dipilih, namun untuk saat ini, saya masih senang memiliki blog gado-gado seperti ini. J

No comments: