Tuesday, 28 August 2018

Do It Yourself - Masker Rumahan dari Cuka Sari Apel


Senangnya minggu ini bisa kembali berkolaborasi sama temen-temen dari Bandung Hijab Blogger. Tema yang diambil di minggu keempat ini adalah tentang Do It Yourself (DIY) Face Mask. Sesungguhnya semangat sekali nulis tentang beginian, karna kebetulan lagi seneng banget coba-coba facemask.
Sebagai cewe (walopun udah emak-emak), punya kulit wajah yang bersih dan sehat pastilah jadi dambaan. Kalo saya pribadi sih baru concern buat ngerawat wajah secara ekstra itu baru setaun kebelakang. Setelah udah jarang banget tugas keluar kota yang bikin sempet cuci muka pun udah sukur 😁 **Jingkrak-jingkrak.

Kulit wajah saya cenderung berminyak, walaupun sekarang minyaknya sudah lebih terkontrol. Jujur aja, dulu saya pernah menggunakan krim racikan. Memang sih muka mulus bak kulit bayi, tapi saya diingatkan sepupu saya akan efek buruknya untuk rahim. Saya ga tau sih tentang kebenarannya, tapi jujur aja saya jadi parno. Apalagi saat itu saya lagi program hamil. Sejak saat itu, saya ga pernah lagi pake krim dokter atau racikan. Saya beralih ke produk yang ringan dan terbukti aman. Meskipun efeknya ga secepat krim-krim yang pernah saya coba dulu.

Setelah menghentikan penggunaan krim racikan itulah, muka saya jadi sangat berminyak plus jerawatan. Ditambah lagi sempet onsite berbulan-bulan dan tinggal di tempat yang airnya "engga banget".  Hasilnya adalah kulit wajah menggelap, ditambah scar bekas jerawat yang ga hilang-hilang.

Sampai akhirnya saya menemukan rangkaian skincare ringan yang membuat kondisi kulit wajah saya membaik. Alhamdulillah sekarang warnanya udah mulai kembali merata dan lebih cerah. Nah, salah satu skincare yang kerasa banget khasiatnya adalah masker wajah. Masker wajah ini mengangkat sel kulit mati, sekaligus mencerahkan dan menutrisi serta menyamarkan noda dan bekas jerawat.

Masker yang rutin saya pake, bukan selalu masker yang dijual dipasaran. Karna saat ini udah banyak sekali informasi di internet tentang cara membuat masker dari bahan-bahan alami yang bisa kita temui di rumah. Masker favorit saya adalah campuran dari cuka sari apel dan bahan lainnya. Konon katanya, cuka sari apel ini punya khasiat baik bagi kulit wajah. Selain mengeksfoliasi, sari cuka apel ini juga ampuh mencegah jerawat datang lagi, serta menyamarkan bekas noda di wajah.
Ada dua campuran masker dengan cuka apel ini yang jadi favorit saya. Cara membuatnya juga mudah ko. Oh ya, saya pake sari cuka apel merek SW yang banyak dijual di supermarket.

1. Cuka Sari Apel + Teh Hijau + Madu + Gula Pasir
Campuran ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori yang tersumbat. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh cuka sari apel + satu sendok makan teh hijau + satu sendok teh madu (saya pake madu apa aja yang lagi ada dirumah) + 3 sendok teh gula pasir.

Cukup aduk keempat bahan itu, lalu aplikasikan di wajah. Biarkan selama 10 menit, Lalu gosok perlahan dan lembut. Bilas hingga bersih. Saya biasa melakukan ini seminggu sekali. Katanya sih dapat menjaga keseimbangan PH kulit wajah kita.

2. Cuka Sari Apel + Baking Soda + Madu
Sama dengan campuran diatas, ketiga bahan ini juga akan menghasilkan masker dengan efek eksfoliasi. Campurkan 1 sendok teh cuka sari apel + 2 sendok teh madu + 1 sendok teh baking soda.

Campurkan ketiga bahan itu, lalu aplikasikan di wajah. Biarkan selama 10 menit, lalu bersihkan dengan air hangat, gunakan kain lap untuk menambah efek pengelupasan.

Yang saya rasakan setelah menggunakan kedua masker ini adalah wajah terasa bersih dan lembut. Lama kelamaan, bekas jerawat pun memudar dan warna wajah kembali merata serta cerah. Tapi pakenya harus rutin ya 😊


6 comments:

Maya Dewi Rr said...

Waw sama nih pake cuka apel teh kalau aku di jadiin toner dan boleh nih di coba ya jadiin masker

Sintha Novia Putri said...

Cuka apel berguna banget ya teh mulai bisa dijadiin toner, ternyata bisa jadi campuran masker jg yah hihi

rahmi camcam said...

Wooohh emang dasyat cuka apel tehπŸ˜€

widya revina said...

ak pengen juga jadiin toner, tapi takut terlalu keras may. May pake toner cuka apelnya tiap harikah?

widya revina said...

diminum juga sehat yah sayyy

widya revina said...

multifungsi ya 😁