Saturday, 22 October 2016

Solusi Menabung Pilihan Saya – Wujudkan Angan Menjadi Kenyataan dengan TAHAPAN BERJANGKA


   
Apa sih yang terlintas dibenak anda saat mendengar kata “Menabung”?

Untuk saya, menabung adalah kata yang mudah diucapkan tapi sulit dilakukan.

Sejak tahun 2011, saya memulai bisnis souvenir dan bertekad untuk menyisihkan setiap keuntungan dari bisnis ini di tabungan khusus yang akan saya buat. Tapi seiring berjalannya waktu, saya selalu menunda-nunda mengunjungi Bank dengan dalih jam kerja kantor yang padat merayap. Alhasil, hingga detik ini rencana ini belum juga terwujud.

Awal tahun 2015, saya dan suami memiliki hobi baru, yaitu jalan-jalan. Hobi ini dapat menyulitkan jika kami tidak memutar otak sedemikian rupa untuk mewujudkan mimpi-mimpi (travelling) ini. Berhubung kami berasal dari keluarga yang biasa saja, penghasilan yang cukup, dan bukan pengikut kanjeng pengganda uang yang sedang fenomena saat ini, maka kami memutuskan untuk mulai menabung.

Kami menyisihkan sebagian kecil penghasilan tambahan kami (bukan penghasilan utama) dan ditabung ke dalam celengan biasa. Banyak metode menabung yang saya pernah coba, salah satunya adalah mengurangi belanja di mini market, mengurangi makan di luar, dan menyisihkan uang kembalian. Kami berkomitmen mengisi celengan itu setiap harinya dengan nominal yang berbeda-beda. Selang tiga bulan kemudian, kami membuka celengan itu dan sangat senang karna ternyata tabungannya cukup banyak untuk bekal jalan-jalan.

Berawal dari pengalaman menabung itu, saya berfikir bahwa ternyata saya bisa menyisihkan uang dengan nilai lumayan setiap bulannya asalkan tekad saya kuat. Akhirnya saya mulai mencari info tabungan produk Bank yang cocok buat saya. Rencananya saya ingin bikin beberapa tabungan untuk kebutuhan yang berbeda-beda, diantaranya untuk pendidikan anak, perputaran bisnis, dan liburan.

Saat ini, saya punya dua tabungan dari dua bank yang berbeda, yang keduanya adalah tabungan payroll dari kantor saya yang dulu dan kantor saya yang sekarang. Namun saya tertarik dengan BCA. Kenapa?
Karena sejak saya memulai bisnis, banyak supplier dan customer yang menginginkan transaksi menggunakan BCA. Mungkin karena jaringan bank ini sangat luas di Indonesia. Atas dasar hal ini lah saya mulai mencari info tentang BCA.

Saat menggali Informasi mengenai produk BCA, saya tertarik dengan Tahapan Berjangka (TAHAKA). Pertama kali mendengar kalimat “Tahapan Berjangka”, saya teringat tempat saya sempat bekerja dulu (selama sebulan saja), sebuah perusahaan perdagangan berjangka dengan transaksi index Hang Seng dan Nikkei setiap harinya yang membuat mata berkunang-kunang. Tetapi Tahapan Berjangka ga ada hubungannya dengan itu.

Tahapan Berjangka adalah produk dari Bank BCA yang diperuntukan bagi nasabah perorangan di mana nasabah dapat menentukan nilai setoran rutin serta jangka waktu yang diinginkan untuk menabung.

Cara menabungnya pun sangat mudah, karena langsung autodebit dari tabungan BCA utama kita, baik dari Tahapan, Tahapan Gold, Tapres maupun Tahapan Xpresi tanpa tambahan biaya administrasi. Kita tidak perlu repot datang ke bank setiap bulannya, atau khawatir lupa menyetor. Setiap nasabah dapat memiliki lebih dari satu TAHAPAN BERJANGKA.

Adapun fitur produk TAHAPAN BERJANGKA secara lengkap adalah sebagai berikut :
  1. Tabungan dalam mata uang Rupiah.
  2. Jangka waktu menabung minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan.
  3. Autodebet setoran bulanan dari rekening sumber dana.
  4. Setoran bulanan mulai dari Rp 500.000 per bulan (kelipatan Rp 50.000).
  5. Tidak dapat dilakukan penarikan dana selama jangka waktu menabung.
  6. Fasilitas e-statement setiap bulan sampai dengan 2 tahun berjalan di KlikBCA Individu.
  7. 1 Nasabah dapat memiliki lebih dari 1 rekening Tahapan Berjangka yang dihubungkan ke 1 rekening utama (sumber dana).
  8. Kepemilikan rekening dibuktikan melalui identitas kepemilikan dari rekening sumber dana.
  9. Kemudahan pengecekan saldo di Klik BCA Individu.
Tahapan Berjangka ini dapat membantu kita mewujudkan setiap impian kita. Misal, 3 tahun lagi anak saya akan masuk SD. Saya dapat mempersiapkan biaya sekolahnya sejak sekarang. Tabungan ini akan cair pada waktu yang sudah saya tentukan, sehingga sangat cocok dengan kebutuhan saya saat ini. Rekening yang telah jatuh tempo akan ditransfer ke rekening sumber dana dan kita akan mendapat pemberitahuan melalui SMS/Email.

Selain itu, tabungan ini juga meliputi perlindungan asuransi jiwa. Manfaat asuransi yang akan diterima nasabah terdiri dari uang pertanggungan sebesar setoran rutin Tahapan Berjangka yang belum disetorkan dan tambahan uang pertanggungan santunan kematian. 

Untuk lebih jelasnya mengenai Tahapan berjangka, bisa dilihat disini.

Nah ada kabar gembira terutama bagi emak-emak kaya saya yang doyan hadiah dan gratisan. Saat ini sedang ada program dimana mulai 1 September 2016, jika kita membuka Tahapan Berjangka di kantor cabang BCA terdekat, akan ada hadiah menarik untuk 50.000 pembuka rekening TAHAPAN BERJANGKA pertama.



Sebagai catatan, jika rekening sumber dana saldonya tidak mencukupi saat pendebetan, proses autodebet akan diulang pada akhir bulan berjalan. Namun jika proses autodebet gagal sampai 3 bulan berturut-turut, maka rekening Tahapan Berjangka akan otomatis ditutup dan seluruh dana tabungan akan dikembalikan ke rekening sumber dana.

Oh ya, kita dapat menambah jumlah dana tabungan kita sewaktu-waktu. Ah ini cocok banget buat saya. Kalo tahun ini kita nabung sejumlah x, tahun depan harusnya nilai yang ditabungnya lebih besar dong yah, biar tabungannya cepet banyak heee. Akan tetapi, kita tidak bisa menarik dana sebelum jangka waktu menabung berakhir. Kalaupun terpaksa hal tersebut terjadi, maka akan dikenakan biaya penutupan rekening sebelum jatuh tempo.

Yuk kita barengan buka TAHAKA :-) 

Sumber : www.bca.co.id

2 comments:

Lana Tika said...

Halo..wah makasih ya info link nya.
Kebetulan saya lagi pengen nabung berangkat. Cuman masih bingung antara pake bank BCA atau Niaga.
Tp makasih infonya. Jd pengingat saya jg utk ke bank senin depan.hehe..

Amanda ratih said...

Punya tabungan emang wajib ya mba buat bekal masa depan