Sunday, 21 August 2016

Itinerary Liburan Hemat dengan Balita - Yogyakarta : Akomodasi dan Persiapan


Minggu lalu, saya sekeluarga melakukan perjalanan ke kota Yogyakarta. Sama seperti gaya liburan kami biasanya, kami memilih liburan ekonomis tapi sarat pengalaman. Sebenernya, saya sudah merancang liburan ini sejak bulan puasa kemaren. Saya sengaja memilih liburan di bulan Agustus dengan pertimbangan di bulan ini sudah bukan musim liburan. Dimana kalo musim liburan itu, apa apa pasti mahal n ramai heee.... Jadilah bela-belain ga ngambil dulu jatah cuti pas deket-deket libur lebaran :-D

Rejeki ga akan kemana, secara kebetulan pas lagi bulan puasa kemaren, Tune Hotel sedang mengadakan promo menginap permalam hanya 18rb aja. Untuk mendapatkan promo ini, saya harus mantengin websitenya setiap jam 8 malam selama sejam. Awalnya saya hanya dapat promo untuk semalam. Besok-besoknya saya coba lagi dan lagi hingga hari ke 7 (berarti seminggu full saya hunting promonya tiap malam, bahkan sambil ngelipetin baju n ngasuh anak). Alhamdulillah, akhirnya saya dapat promo untuk 3 malam x 18 rb aja di Tune Hotel Yogya plus beberapa malam untuk di Tune Hotel Bandung dari bulan agustus sampe desember 2016 (lumayan, org org terdekat jd bisa ikut menikmati)... Banyak yang ga percaya, banyak yg nyangkanya hotelnya "ngga" banget. Tapi kalo saya sih percaya banget sama  kualitas n pelayanan Tune Hotel, karna saya sempat menginap di Tune Hotel KLIA beberapa bulan lalu. Tentang hotel ini akan saya bikin reviewny nanti. Kalo mau info lebih jelasnya bisa dilihat disini http://www.tunehotels.com/




Setelah dapat hotel, semangat saya sekeluarga buat liburan makin berkobar kobar (halah). Yaiyalah, siapa yg ga seneng dpt hotel sangat murah gitu. Tinggal nyiapin perlengkapan liburan lainnya. Yang pertama adalah ngajuin cuti. Ini penting banget, apalah artinya semua persiapan liburan kalo cuti ga di approve. Untungnya untuk masalah yang satu ini, semua berjalan lancar. Cuma kebiasaan saya kalo mau cuti, pengennya semua kerjaan beres dulu. Seengganya, setelah beres liburan, ga jadi setres karna kerjaan numpuk. Kalo sampe setres, tar butuh liburan lagi wkwkwk ga kelar kelar dong (ini bisa jadi salah satu tips juga hoho). Jadilah sebelum liburan ini, kerjaan berasa hectic banget..upsss.. Ditambah kejar setoran  800 souvenir yg pengen saya selesaiin sebelum liburan. Biar tenang.

Hal yang penting berikutnya adalah memesan tiket menuju Yogyakarta. Sebelumnya, kami memang berniat liburan semurah mungkin dengan memilih kereta api ekonomi Bandung-Yogyakarta. Tetapi setelah berunding kesekian kalinya sama pak suami, akhirnya kita putuskan untuk naik Kereta Lodaya Pagi (Bisnis) untuk pergi dan Lodaya Malam (Eksekutif) untuk pulang - Save the best for the last lah pokonya. Lagian kita udah ga harus keluar uang buat hotel lagi.

Voucher hotel udah ditangan, tiket kereta pun udah dibeli. Selanjutnya kita susun itinerary biar liburan lebih terarah. Request pak suami, inginnya wisata kuliner. Buat Ken harus ada unsur edukasinya. Jadilah kita pilih tempat-tempat kuliner dan wisata edukasi. Secara garis besar, beginilah rencana perjalanan kita, sebagian besar terpenuhi. Oh ya nanti saya akan bikin postingan tentang review perjalanan perharinya. Tungga ya :-)


Day 1 : Naik Lodaya Pagi Bandung Yogya, tiba pukul 15.30.
             Makan Soto Sulung Stasiun Tugu (parkir selatan)
             Check in hotel, istirahat
             Explore Malioboro --> Ga jadi, karna kecapean, so mesen go food Gudeg Yu Djum dimakan dihotel

Day 2 : Sarapan @ Tune Hotel
             Ke Taman Pintar
             Makan gelato di Tempo del Gelato
             Ke Pabrik Coklat Monggo
             Transit di hotel, ganti baju, istirahat bentar
             Ke rumah uwa di kawasan godean
             makan malam di Mang Engking Castle Godean

Day 3 : Sarapan @Sop Ayam Pak Min
            Ke Parangtritis
            Makan siang di Sate Klathak Pak Pong
            Shalat Jumat di dekat situ (Bantul-Imogiri)
            Ke Hotel mandi
            Ke Gembira Loka
            Ke Cellie Cafe --> Tutup, ga jadi deh ketemu rangga
            Ke Bakpia Kurnia Sari Dekat Gembira Loka
            Pulang Ke Hotel
            Makan Malem di Bakmi DJawa sebrang hotel

Day 4 : Sarapan @Sop Ayam Pak Min ...lagi
             Ke Prambanan - Ratu Boko (ga jadi, karna Lenje lenje dihotel sampe waktu check out)
             Makan siang @Mal Malioboro
             Nitipin tas di Stasiun tugu (ada tempat penitipan barang)
             Ke alun-alun kidul
             Eksplore Malioboro (Makan Lumpia samijaya n dawet)
             Beli makan malem buat di kereta (Yu Djum lagi)

Oh ya, selama disana, kami menyewa motor yang sudah kami pesan sejak sebulan sebelumnya. Kebanyakan penyewaan motor di Yogya meminta deposit yang lumayan besar serta ribet dalam hal dokumen persyaratannya (sampe ditanya2 masalah kerjaan segala). Tapi akhirnya kita pesen di http://www.rentalmotoryogyakarta.com/. Pelayanannya oke banget, mas-masnya sabar banget ngadepin pertanyaan-pertanyaan ak yg super banyak. Tanpa deposit, dan motor diantar jemput. Harga sewa juga relatif murah. Kebetulan kita dapet motor baru yang stnknya pun belom keluar. Masih pake ompang hee..


Pengalaman yang kami dapatkan dari liburan kami kemaren sangatlah luar biasa. Kami sengaja mencoba menggunakan transportasi publik (TransJogja) karna ingin mendapatkan pengalaman baru bagi saya, pak suami, dan ken. Lalu dengan menggunakan motor, kami menuju tempat tempat yang tidak banyak orang jadikan tujuan wisata, melewati jalan-jalan kecil yang ternyata sangat menarik bagi kami, bahkan pak suami n ken mendapatkan pengalaman Shalat Jumat di perkampungan di daerah Bantul-Imogiri (bener bener masuk-masuk gitu jalannya), dengan khotbah jumat yg full bahasa Jawa dan suasana yang sangat berbeda dari yg biasa dirasakan.



Saya sudah beberapa kali ke Yogya, tapi pengalaman kemaren jauh lebih berkesan. Mungkin karna gaya liburan yang  saya pilih dalam 2 taun belakangan ini. Liburan itu harus menguntungkan, misal dengan modal 500rb tapi kita mendapatkan liburan senilai 2juta :-D antara irit dan pelit memang beda tipis heee... tapi justru itu yg bikin kami lebih semangat untuk ngebolang ke destinasi berikutnya. Seperti pernah saya tulis di cerita liburan saya sebelumnya, prinsip liburan saya adalah "jangan pake penghasilan RUTIN kita buat liburan, tapi tabung sebagian penghasilan TAMBAHAN kita  untuk liburan"






Cerita perhari :


Itinerary Liburan Hemat dengan Balita - Yogyakarta : Day 1 - Tiba di Yogyakarta



Itinerary Liburan Hemat dengan Balita - Yogyakarta : Day 2 - Taman Pintar, Pabrik Coklat dan Kuliner
           

5 comments:

turiscantik.com said...

Liburannya asik banget mbak. Jadi pengen ajak anak liburan ke yogya

revinakreasidya said...

Iya mba seruuu....baru pulang juga udah pengen liburan lg. Tapi pengenny dpt promo hotel begituan lg hee

Anonymous said...

ibuuu keren liburannya.
bu tune hotel itu kalau ngga ada promo biasanya brp ratenya ?
hehe *ex mahasiswi ibu :p

revinakreasidya said...

wahh siapakah ini? xixixi
kayanya normal ratenya sekitar 500rb an deh. :-)

Sewa Motor Jogja said...

Terimakasih Sudah Menggunakan Jasa Sewa Motor - Mandiri Motor

Ditunggu kedatangannya kembali mbak dan keluarga

Salam dari Jogja
Mandiri Motor
Telp 085743130870
Wa 082134415485
www.rentalmotoryogyakarta.com