Thursday, 5 May 2016

Itinerary Liburan Hemat dengan Balita - Kuala Lumpur & Singapore - Day 2 KLIA2, Singapore, Masjid Sultan

Ngelanjutin postingan tentang itinerary liburan ke KL & SG kemaren :

Itinerary Liburan Hemat dengan Balita - Kuala Lumpur & Singapore - Day 1 Batu Caves, Bukit Bintang, Twin Tower

Cuss lanjut bahas Itin hari ke dua.




Berhubung dihari pertama udah ada perubahan itin, jadi hari kedua ini pun ada perubahan sedikit. Karena Batu Caves sudah kami kunjungi di hari pertama, jadilah kami bisa bersantai dulu di hotel hingga waktu keberangkatan menuju bandara Malaysia KLIA2. Yaps, karna dihari kedua ini kami akan terbang ke Singapore.

Demi menghemat waktu dan uang ala backpacker, pagi itu saya membeli sarapan di Seven Eleven yang berada tepat di sebelah Capitol Hotel tempat kami menginap di Kawasan Bukit Bintang. Ternyata pilihan sarapannya banyak, meskipun instan, saya membeli sarapan berupa sandwich, nasi rendang, dan nasi goreng dengan total harga kurang dari 15RM.

Untuk menuju KLIA2, dari kawasan bukit bintang tempat kami menginap, kami harus menggunakan kereta Monorel sampai ke KL Sentral (stasiun pusat kereta api di Kuala Lumpur).

Tadinya, kami berencana menggunakan bus dari KL Sentral ke Bandara KLIA2 dengan ongkos sekitar 11RM per orang dan waktu tempuh sekitar satu jam. Tapi karna keasikan menikmati kamar Capitol Hotel yang super nyaman, jadilah kita tetep mepet-mepet sampai ke KL Sentral dan terpaksa menggunakan KLIA Express. KLIA Express adalah kereta cepat yang menghubungkan KL Sentral langsung menuju KLIA2 dengan biaya 135RM bertiga. Gagal ngirit nih, lain kali kalo mau jalan jalan hemat, kudu disiplin sama waktu biar bsa pake alternatif termurah :-D Waktu tempuh KLIA Express ini kurang dari setengah jam dengan kereta yang super nyaman.

Sesampainya di KLIA2, kami langsung menuju counter pemeriksaan dokumen. Kebetulan kami sudah melakukan web check in jauh-jauh hari sebelum keberangkatan. Setelah itu langsung menuju pemeriksaan imigrasi dan dilanjutkan dengan menuju Gate yang ditentukan. Enaknya pergi ala ala saya ini adalah saya ga pernah sewa bagasi, jadi ga perlu drop drop koper ataupun nunggu bagasi keluar dan pastinya lebih irit. Cuma ya harus bener bener diatur barang bawaannya biar ngga overweight melebihi ketentuan bagasi kabin (AirAsia aturannya maks 7 kg untuk bisa masuk kabin pesawat). Tips cara menghemat barang bawaan, pernah saya tulis disini :

Pengalaman Backpackeran dengan Balita : Persiapan dan Tips

KLIA2 ini luas buangett, dan jarak antar Gate pun berjauhan. Fiuhh untungnya bawa stroller, jadi Ken ga kecapean jalan disana. Sambil menunggu masuk pesawat, Ken main dulu sekitaran Gate. Lari-larian, unyel-unyelan, dan bolak-balik ngisi botol air dari kran air minum yg tersedia disana.

Jam 13.25 pesawat berangkat dan tiba sekitar sejam setelahnya di Changi Airport Singapore. Oh ya, sehari sebelum keberangkatan, saya udah janjian sama Mba Darling buat COD-an tiket Garden By the Bay. Mba Darling itu cewe Indonesia kece yang sudah lama menetap di Singapore. Dia menjual tiket atraksi dan objek wisata di SIngapore dengan harga yang lebih murah dibandingkan kita beli on the spot. Selain itu, dia juga menyediakan voucher hotel diseluruh dunia. Info lebih jelasnya bisa dicek di web beliau http://jalanjajansingapura.com/. Ahh setiap intip-intip webnya, jadi pengen balik lagi aja kesana hehehe. Empat jempol buat mba yang satu ini, respon by WA nya cepet banget. Kita janjian di starbucks Changi. Keren banget dah Mba Darling ini, sempet ngobrol sebentar, ternyata dia nyaris tiap hari nongkrong di Changi buat COD an. Pas kita janjian pun, ternyata dia lagi janjian juga sama lima orang lainnya. Sukses terus yah Mba Cantik.

Setelah itu, kami langsung menuju counter penjualan EZ Link. EZ Link ini adalah kartu yang digunakan untuk membayar transportasi di Singapore, baik MRT maupun Bus. Kenapa kami memilih EZ Link, bukan STP? STP adalah tourist pass yang berfungsi sama seperti EZ Link, tetapi masa berlakunya hanya 1, 2, atau 3 hari, tergantung pilihan kita. STP ini bisa dipake sepuasnya untuk naik MRT atau Bus selama jumlah hari yang dipilih. Sedangkan EZ link masa berlakunya adalah 5 tahun (pengennya sih next time kami bisa liburan ke Singapore lagi heee). EZ link ini saldonya akan berkurang sesuai pemakaian kita saja. Misal, kalo kita beli STP buat satu hari seharga 10 SGD, mau kita cuma sekali naik MRT pun tetep aja kartu itu hanya berlaku satu hari. Kalo EZ Link, misal kami hanya sekali naik MRT di hari itu, saldonya hanya berkurang maksimal 2 SGD. Lumayan kan yah hehhee....Dan senengnya lagi, Ken masih gratis naik MRT dan Bus di Singapore.. Horay, jadi kami hanya perlu beli 2 EZ Link.

Beres urusan EZ Link, kami menuju MRT Station Changi untuk langsung menuju hotel di daerah Rochor (antara little india dan bugis). Menurut contekan yang saya bawa, Hotel81 Rochor tempat kami menginap, terletak di dekat MRT Station Rochor. Untuk menuju kesana, kami harus naik 3 kali MRT. Dari MRT Changi, kami menuju MRT Tanah Merah Station. Dilanjutkan dengan mengambil jalur hijau menuju MRT Bugis Station. Dari sana, kami pindah ke jalur biru untuk menuju MRT Rochor Station. Total waktu tempuh dari Changi ke Rochor adalah sekitar 40 menit. Dari MRT Rochor Station, kami keluar ke arah Jalan Besar (lihat peta yang ada di station), dan ternyata, dari pintu station pun, hotel kami sudah terlihat. Hurayy, ga perlu nyasar nyasar lagi seperti pengalaman kami waktu ke SIngapore untuk pertama kalinya.

Kami langsung check in hotel dan menuju kamar yang sudah kami pesan. Di Singapore ini, kami ga berharap banyak sama kamar hotel tempat kami menginap. Untuk kamar dengan kapasitas 2 orang (plus satu anak kecil imut), kamar mandi dalam dan wifi, tarifnya udah sejutaan. Maka dari itu setiap ke Singapore, pasti kami padukan dengan mengunjungi Malaysia, salah satunya untuk menghemat budget hotel hehee. Hotel81 ini terletak di banyak tempat di Singapore, salah satunya di Rochor ini. Kamar yang kami tempati sangat bersih, AC dingin, tetapi tanpa jendela, jadi ya berasa ngantuk mulu :-D Kalo saya sih milih hotel yang penting bersih. Kami memilih kamar dengan kamar mandi dalam karena liburan kali ini, kami membawa balita. Selain itu, saya emang udah niat mau nyuci baju di hotel buat menghemat barang bawaan. Jadi ya paling enak memang hotel dengan private bathroom. Kami menginap 2 malam dihotel ini. Review lengkapnya menyusul ya.

Setelah istirahat sebentar, jam 6 sore kami keluar hotel untuk menuju Masjid Sultan. Masjid yang terletak di dekat kawasan Bugis ini memang ada di itinerary kami. Coba deh intip di gambar diatas, tuh udah sama kan hee...kali ini kami mengikuti itin yang sudah dibuat. Kami makan malam di Zam Zam murtabak, tempat makanan timur tengah yang terkenal dengan martabak rusanya. Kami memesan Nasi Briyani, Martabak rusa dan kentang goreng buat Ken. Menurut saya, makan disini emang terbilang mahal kalo buat saya. Seporsi Nasi Briyani seharga sekitar 6SGD. Tapi ya namanya juga penasaran hee...jadi emang udah direncanain untuk makan disini. Oh ya, para pelayan dan pegawai lainnya di Zam Zam ini ramah-ramah loh. Pas mau pulang, Ken dikasih permen chupacup. Ternyata, semua anak kecil yang dateng kesitu pun dikasih :-)

Selesai makan, kami langsung menuju Masjid Sultan yang tepat berada di sebrangnya. Kami sholat dulu disana, sebelum menikmati lingkungan sekitarnya. Meskipun hari sudah gelap, sekitaran masjid masih ramai dikunjungi turis, kami menyusuri Kampung Glam yang dipenuhi toko toko di sepanjang jalannya. Oh ya, disini saya menemukan toko oleh-oleh yang murah dan bagus. Lupa nama tokonya apa, pokonya letaknya tepat dua ruko di sebrang masjid sultan sebelah kiri. Yang jualnya juga ramah meski dia ga bisa bahasa Inggris, apalagi Melayu :-D jadi kita ngobrol pake bahasa tarzan xixixi..

Nah pas di Kampung Glam ini, Ken mulai crancky gegara pengen maem coklat mulu. Selama liburan, saya emang sangat menjaga asupan makanan Ken, karna khawatir dia sakit atau kecapean di negeri orang. Jadi saya membatasi makanan yang bisa memicu batuk atau flu. DIsana saya lebih banyak memberi Ken buah buahan dan sayuran.

Akhirnya, kami langsung pulang ke hotel dengan menggunakan MRT lagi. Sampe hotel, langsung deh misi nyuci baju saya jalanin :-D

Lanjut ke day 3 ya, yang paling seru, karna kami mengunjungi Orchard, Garden By The Bay, Children's Garden, Marina Bay Sand, Bugis Junction ...cooming soon ;-)

No comments: