Sunday, 15 May 2016

Best Western Premier La Grande Hotel - Hotel Strategis di Pusat Kota Bandung

sumber : ig @bwplagrande

Weekend ini, saya sekeluarga mendapatkan kesempatan untuk menghabiskan waktu di Hotel yang baru diresmikan akhir tahun 2015 kemarin ini. Hotel bintang 4 Best Western Premier La Grande Hotel, nama hotel ini cukup asing di telinga saya, belum lagi namanya yang cukup panjang heee. Tapi, begitu tau lokasi hotel ini sangat strategis, tepat di jalan Merdeka, depan Mall Bandung Indah Plaza a.k.a BIP, saya menjadi sangat tertarik. 
Sebenernya bukan karna lokasinya di depan Mall yang selalu ramai itu, tetapi karna nilai kenangan yang saya punya didaerah tersebut. Setelah saya mengikuti  Ujian Nasional SMA pada tahun 2004, hingga sampai kuliah tingkat akhir tahun 2008 (jiahh ketauan umur), saya sempat mengajar musik di daerah tersebut, tepatnya di Gedung Gelanggang Generasi Muda (yang saat ini sedang dalam renovasi) yang berada di sebelah BIP. Bangunan hotel ini, dulunya adalah tempat saya biasa cari makan siang atau jadi jalan pintas menuju jalan purnawarman yang berada tepat di belakang hotel. :-)

Siang itu, kami tiba sekitar jam 3 sore. Bwplagrande ini terdiri dari gedung apartement dan hotel yang terpisah. Tersedia area parkir di basement yang terpisah antara pemilik apartment maupun tamu hotel. Setelah mendapatkan parkir, kami langsung menggunakan lift untuk menuju lobby. Oh ya, kalo kamu orang Bandung, atau sering main ke Bandung, mungkin tau Toko Kue Soes Merdeka yang dari dulu ada sejak hotel ini belum berdiri. Jangan khawatir, toko ini masih ada dibagian depan hotel.

Berikut ini pengalaman dan pendapat saya tentang hotel ini secara detail  :

Proses Check In

Proses check in membutuhkan waktu yang cukup lama, sekitar 15 menit karna tamu yang  ramai, sampai Ken sempet komen "Bunda ko lama amat". Tapi, di lobby hotel ini disediakan ruang tamu dengan sofa yang nyaman, lengkap dengan welcome cookies and drink. Yaps, di sudut lobby disediakan infused water dingin yang bisa diminum sepuasnya, bahkan ada pegawai yang membagi-bagikan juice ke para tamu yang sedang menunggu check in selesai. Oh ya, cookies yang disediakan pun rasanya sangat enak, Ken sampe abis dua :-D Disudut lain disediakan pula dua perangkat PC untuk para tamu yang memerlukannya.

Setelah check in selesai dan mendapatkan password wifi (ini penting), saya langsung menuju ke counter Free Parking untuk mencap tiket masuk parkir sebagai tanda bahwa kami menginap disana. Luar biasanya adalah, saya diperbolehkan menggunakan fasilitas Free Parking ini untuk dua kendaraan yang kami bawa sekaligus. Lumayan kan, secara emak emak seperti saya paling antusias kalo dengar kata "Free" dalam bentuk apapun. *rooling eyes

Suasana Lobby

Fasilitas Kamar

Begitu proses check in selesai, kami langsung menuju kamar kami dilantai 5. Kami mendapatkan kamar type  Superior Twin and No Smoking Room seperti pilihan saya. Sebenernya saat booking, saya mempunyai spesial request yaitu menginginkan kamar "higher floor", tapi karna saat check in suasana lobby cukup crowded, saya jadi lupa tentang request saya itu. Alhasil kami mendapatkan kamar yang kurang tinggi letaknya. View dari kamar kurang okay, hanya gedung2 disekitaran macam genteng gramedia n billboard di bip :-D

Tapi......sungguh kamarnya diluar ekspetasi kami dalam artian positif. Kamarnya berrrrrsihhhh (ini paling penting buat saya), luas kamarpun cukup besar, dengan dua Twin Bed yang nyaman dan dua sofa empuk yang bikin betah. Seandainya kami menambah ekstra bed dan diletakkan di area kamar pun, kamar tidak akan menjadi sempit. Lantai area tidur dilapisi dengan karpet tebal nan lembut (halahh). Ken langsung lari-larian di dalam kamar tanpa khawatir nabrak-nabrak.

Fasilitas mini bar disediakan dengan kulkas yang dilengkapi dengan berbagai minuman dan cemilan (yang ini ga gratis ya hee). Teko pemanas, dua botol air mineral beserta 3 jenis gelas masing masing satu pasang disusun dengan rapih. Ini cukup menarik buat saya, dihotel lain, bahkan yang setara (bintang 4), biasanya hanya disediakan sepasang gelas atau cangkir. Nah disini disediakan tiga pasang gelas berbagai bentuk.  

Lemari penyimpanan baju cukup besar dan dilengkapi dengan banyak gantungan baju dan sepasang kimono handuk yang tebal dan lembut. Sebagai tukang souvenir handuk, saya lumayan hafal tentang perhandukan, jadi saya tau berapa harga pasaran kimono itu heee jadi ngelantur ke urusan handuk. pisss ah

Superior Twin 

Bathroom

Perlu ya dibahas urusan Bathroom aka Kamar Mandi ini? Yappss kenapa mau saya bahas, karna fasilitas yang disediakan diatas standar. Amenities yang disediakan sangat lengkap, dari mulai  yang standar (sabun mandi, shower gel, shampoo, conditioner, sikat  + pasta gigi, sisir, shower cup), disini tersedia pula pisau cukur dan after shaves balm nya, perlengkapan jahit, dua handuk mandi besar, dua handuk olah raga, dan dua saputangan handuk. Tuh kan, beda dari yang lain :-)

Kamar mandinya luas, airnya deras dilengkapi dengan shower dan kran air dibawahnya, ini sangat memudahkan kami saat berwudhu. Air panasnya lancar jaya, tapi aga sulit disesuaikan tingkat panasnya sehingga harus hati-hati terutama kalau bawa anak kecil.

Kekurangannya adalah, saat pertama masuk ke kamar hotel, bau yang tercium sangat tidak enak, dan ternyata itu berasal dari kamar mandi. Bau tersebut baru hilang saat AC dinyalakan. Mungkin lebih baik jika disediakan pewangi ruangan, sehingga tamu yang baru datang akan merasa nyaman dan semakin senang saat pertama kali membuka pintu kamar.

Bathroom

Kolam Renang

Ba'da Ashar, kami menuju kolam renang yang ada di lantai empat. Kolam ini berdekatan dengan area gym. Sempet ngintip sebentar dan tertarik ngegym begitu liat alatnya yg masih kinclong-kinclong baru, tapi apa daya, Ken udah ga sabar mau berenang.

Pertama kali melihat kolam renangnya, saya cukup kaget. Buat fasilitas ini, jujur saja saya sedikit kecewa. Kolam renang berbentuk L ini sangat kecil meski terdiri dari kolam anak dan kolam dewasa. Kolam berdesign semi indoor ini tertutup atap, sehingga kesan pertama yang saya dapatkan adalah  sirkulasi udaranya tidak baik dan kurang bersih. 

Meskipun airnya hangat, tapi udara di atas kolam terasa dingin dan sumpek karna tidak terkena cahaya matahari. Ken sempat ragu untuk masuk kolam dan berkomentar bahwa airnya kurang bersih. Pada akhirnya, kami berenang sebentar dan selama didalam kolam, saya lirik kiri lirik kanan melihat kondisi air kolamnya. Semakin sore, semakin banyak yang datang untuk berenang, sehingga suasana di dalam kolam semakin padat dan susah gerak.

View dari area kolam adalah Mall BIP :-D

View dari area kolam
Swimming Pool
Lokasi

Secara lokasi, hotel ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin menikmati kota Bandung. Lokasinya sangat dekat dari jalan Riau dan Dago, pusat FO dan kuliner kekinian. Sangat mudah jika mencari makan di dekat hotel ini. Tepat disebelah kanan hotel, ada Bakso Malang Karapitan. Di sebelah kirinya n jalan sedikit ada hokben. Nyebrang selemparan batu doang udah sampe di Mall BIP yang ramai dan banyak pilihan makanan. Di sebelah BIP ada supermarket Yogya Express yg cocok buat belanja cemilan saat males masuk mall. Mau makanan yg harganya bersahabat? Di belakang BIP ada foodcourt dengan berbagai pilihan makanan dan harga yang bervariasi.


Breakfast

Sebenernya, kami mendapatkan fasilitas breakfast di hotel ini. Tapi, karna rada kurang enak badan, saya meminta agar sarapan kami diantar kekamar. Tidak lama kemudian, sarapan pun diantarkan. Kami mendapatkan nasi goreng yang dilengkapi dengan sosis dan semangkuk sayur lodeh. Rada ga nyambung sih menunya.  Saya meminta agar diantarkan roti saja, tapi ternyata kami tidak bisa memilih menu untuk sarapan yang diantar ke kamar.

Untuk rasanya, hmmm relatif lah ya pendapat orang. Kebetulan nasi goreng dan sosisnya udah dingin. Kalo hubby sih lahap lahap aja, kalo saya aga kurang selera. Saya mengharapkan sarapan kami dilengkapi buah-buahan, tapi ternyata tidak.

Jadi sangat tidak direkomendasikan untuk sarapan di kamar hotel. Lebih baik turun ke restoran dan pilih sendiri menu yang ada. Sayang juga ya, padahal harga sarapan udah include di kamar yang saya pesan.

Sarapan di kamar


Secara keseluruhan, hotel ini sangat saya rekomendasikan untuk kamu yang ingin menikmati Kota Bandung atau sekedar istirahat lenje lenje dikamar yang nyaman itu. Tapi saya tidak merekomendasikan untuk kamu yang berharap ingin menikmati kolam renang hotel, apalagi bersama anak kecil.

Apakah saya ingin menginap disini lagi? Tentu saya Iya, dengan catatan, ga akan lagi deh request sarapan diantar ke kamar heeee....

Penilaian :
Lokasi             9
Pelayanan       9 (saya sempat minta ekstra selimut tanpa biaya tambahan)
Kamar            9
Wifi                   6 (lemoth)
Kolam Renang 6
Sarapan ?? (belum merasakan sarapan di restonya)

Semoga reviewnya bermanfaat :-)




5 comments:

Fahri Agens said...

Bisa menjadi tempat pilihan kalo lagi diBandung nih, makasih infonya :)

turiscantik.com said...

Wah asik ada referensi hotel baru saat ke bandung, biasanya saya nginep di salah satu hotel teruz. Bosen ah :)

revinakreasidya said...

wah mba turiscantik.com mampir kesini...hoho thanks yah mba. AK suka blog mba :-)

Indah said...

fasilitasnya udah enak bgt yak :D keren nih hotel, kapan2 mampir ah

koperasindo said...

dulu jaman kuliah sering lewat sini, baru tau ternyata semewah itu yaa dalemnya