Tuesday, 23 September 2014

Kangen Ngajar **Lagi Melow



Juni....Juli...Agustus....September....
Udah 4 bulan ini sy ga ngajar lagi setelah hampir 6 taun ngajar dkampus tmpat saya kuliah dlu... Hmmmm 4 bulan tapi berasa kaya 4 tahun haha...
Kangennnn banget ama suasana ngajar, rekan2 dosen yg sangat membantu saya untuk belajar, dan terutama kangen kelakuan mahasiswa yg beragam. Ada yg bikin bangga, nyenengin, ngegemesin, ngeselin, pokonya macem2. Karna mhs yg macem2 itu yg bikin hidup berasa lebih berwarna. :-)

Kemaren2 masih ngebimbing skripsi mahasiswa, jadi ga terlalu ngrasa ada yg hilang.... Tapi sekarang pas masa bimbinganny udah selesai, mulai berasa kangenny.

Ngajar --- hmmm sy udah cinta banget ama yang namanya ngajar dari jaman kecil. Tiap ditanya cita2nya mo jadi apa, pasti jawabnya pengen jadi guru. Begitu SMP cita2nya ganti pengen jadi Dosen. Alhamdulillah sebelum lulus kuliah pun dapet kesempatan buat ngajar.

Sy sadar masih banyak kekurangan dalem hal ngajar, masih harus belajar banyak...Yapss saya sangat ingin selalu belajar. Harus kasih yg terbaik buat anak didik. Saat ngajuin resign waktu itu adalah salah satu saat terberat d hdup sy ***lebayyhoho, tapi yasudlah hidup kan pilihan. N Alhamdulillah pilihan yg sy ambil jauh lebih baik.

Sebenernya sy mulai belajar ngajar sejak kelas 3 SMA, waktu itu ngajar les keyboard. Ngajarny di studio, di rumah, bahkan privat ke rumah murid2. Ngajar keyboard pun ada suka dukanya...Sukanya kalo pas lagi main keyboard, semua stress n sedih2 pada ilang. Tapi dukanya kalo pas ngajar murid yg ga cooperatif.  Kalo  yg diajarny anak kecil, susahnya adalah saat dia lagi ga mood belajar, bisa bisa sepanjang jam les malah dimanyunin keyboardny. Kalo ngajar orang yg jauh lebih tua, biasanya mreka lebih galak dr yg ngajar heee ***maapp. Sangat banyak murid murid yg hubunganny jadi seperti saudara ma sy ampe skarang.

And now...huffttt berasa kangennn banget untuk ngajar. Ngajar apapun lah. Ngajar tuh bikin hati nyaman, bahagia... Sy ga punya harta berlimpah yg bisa dibagi2in ke banyak org, tapi sy sneng banget kalo bisa bagi2 ilmu ma org lain. Mau itu di kampus, tempat kerja, atau dimanapun.

Nah skrg2 ini banyak banget yg pengen diajarin usaha souvenir. Sampe ada beberapa orang yg ingin saya ngajar kursus buat mereka. Hubby sih setuju banget kalo saya buka kursus souvenir gtu, tapi kayanya waktunya belum tepat aja. Kerjaan kantor masih menumpuk ditambah ken yg masih kecil. Tapi kedepanny ada kemungkinan untuk sy nerima tawaran ngasih kursus itu, itung2 ngilangin kangen ama "ngajar".

Sebelum ke arah sana, saya ngajarin org2 yg mo blajar bisnis souvenirnya pake cara saya sendiri. Skrg saya nyediain paket buat yg mau belajar souvenir, isinya : Buku pembuatan towel, handuk2 berbagai ukuran, mika berbagai bentuk, pita2, hiasan2, dan sebagainya. Pokonya komplit untuk belajar. Paket ini bisa jadi modal awal usaha. Setelah belajar cara buatnya, hasilny bisa difoto n ditawar2in ke org sekitar. Dengan senang hati saya mau berbagi info supplier dan lain lain serta ngebimbing di awal usaha. Beberapa org sekitar saya nanya :"Apa ga takut jadi saingan?" jawabannya pasti ya enggalah, karna rejeki udah ada yg ngatur, ga kan ketuker, toh tiap org pasti akan punya cirinya masing2. Alhamdulillah beberapa orang yg belajar udah bisa berwirausaha didaerah tempat tinggalnya masing masing. Seengganya kalo ada keluarga yg nikah, kita bsa bikinin souvnirny sendiri. Pasti rasanya puas n seneng banget...

Saat ini saya puas dengan cara "ngajar" saya seperti ini, ga perlu face to face tapi saya bisa trus ngasih masukan n bbagi pengalaman.


Semoga sampai saya tua nanti, saya tetap bisa berbagi ilmu ama org lain... Selama saya kuat n mampu... :-)