Tuesday, 19 November 2013

Diary of Me n PCO

Pernah denger apa itu PCO?

Untuk yang udah menikah tapi belum dikasih momongan, mudah-mudahan tulisan ini bisa membantu :-)


8 Nov 2009...
Itu adalah tanggal pernikahan aku dan suamiku setelah 6 tahun kami berpacaran. Tentu saja setelah pernikahan ini kami berharap segera mendapat momongan. Biar rumah ga kerasa sepi, biar hidup ini lebih lengkap dan pastinya semua wanita akan merasa sempurna setelah memiliki anak.

8 Nov 2010...
Hmmm genap setaun pernikahan tapi belum  ada tanda-tanda nih. Padahal udah sering telat dapet bulananny tapi hasil masih menunjukkan negatif. Banyak yang nyaranin untuk cek ke dokter kalo setaun stelah nikah belum juga positif.
Mulai browsing cari cari dokter yg recommended d bandung, Yang pasienny ngantri ampe tengah malem. Mulai coba datengin dokter, dikasih vitamin, hasilnya sama....pindah dokter lagi, dkasih vit lagi, n hasilnya sama lagi....Alhasil 3 dokter terkenal yang udah didatengin tapi ga da kmajuan....

Hups kepikiran lagi-kepikiran  lagi, apalagi pas kerjaan dikantor lagi dikit. Harus cari sampingan ini mah, biar ga inget inget ksana trus, akhirnya Akhir 2010 memutuskan untuk bisnis souvenir. Modalny dikit tapi menyenangkan karna sesuai dengan hobby...Alhamdulillahny tiap bulan selalu ada orderan, jd ga da waktu buat mikirin kesedihan tentang baby :-)

Januari 2011... haduh kepikiran lagi pingin punya anak, secara tiap acara keluarga ditanya mulu. Baca buku tentang hukum ketertarikan a.k.a law of attraction, download download video bayi n anak kecil berharap hukum ketertarikan itu berlaku secepat mungkin... Tapi suatu malam, kaka ipar yg tinggal diluar kota nelfon, dia bilang katany "Coba introspeksi diri, mungkin Allah belum percaya untuk ngasih keturunan"deggg  dari situ langsung mikir....hmmm mungkin bener juga, sholat masih suka bolong, sedekah masih kurang, ibadah-ibadah lain masih ada yg klewat.

Setelah malem itu bertekad untuk memperbaiki diri. Ga akan kekeuh ngotot pingin cepet punya anak, karena "semua pasti ada saatny"...yapss bertekat untuk memperbaiki diri dulu... Tapi...tetep aja suka sedih kalo kepikiran ke sana..Akhirnya mutusin buat cari kesibukan diluar bekerja. Maret 2011 mulailah daftar kuliah bareng temen seperjuangan "mami sonty".

Dipertengahan kuliah, sang temen seperjuangan "mami sonty" pun menikah...wahh skarang statusnya sama-sama istri nih...yang biasanya jalan-jalan beli spatu, tas, baju, sekarang blanjanya sayuran n lauk buat masakin suami xixi... Beberapa bulan setelah "mami sonty" nikah, beliau positif hamil...seneng banget, tapi seperti ada yg gimanaaa gtu dhati. Sedikit kecewa n ngrasa Allah ga adil, kan yang nikah aku duluan (pikiran paling b*d*h).. Tapi disatu sisi jadi termotivasi lagi untuk program hamil. Tiap hari minum jus wortel plus apel ampe bosen haha 

September 2011, atas rekomendasi temenny hubby, datenglah ke ibu-ibu tukang urut....hmmm niatnya biar badan rileks aja, mungkin kecapean  kerja makanya blum berhasil aja... Ternyata yaps, kata si ibu tukang urut "ini mah badanny tegang semua, banyak penyakitnya karna terlalu cape, kebanyakan berdiri, banyak didepan kompie, banyak pake high heels (lagi lagi ni sepatu jadi kambing hitam)". Sangking udah ngebet banget pingin punya baby, ga hanya ke tukang urut, tapi juga cari dokter lagi. Nah disinilah baru sadar kesalahan selama ini. Cari dokter yg banyak pasiennya, tapi kan pasienny org hamil...lahhh ga nyambung, ak kan mauny program hamil. Hmmm searching di internet akhirnya dapetlah satu nama dokter yang praktekny hari sabtu (biar ga ganggu jam kerja), yang dokternya cewe (hubby ga rela kalo dokter cowo), yang dibelakangnya ada nama SpOg.Fer yang berarti spesialis kesuburan juga (persepsi sendiri).

Kunjungan pertama kedokter diperiksa luar dalem n hasilnya adalah "PCO"...makhluk apa itu???
PCOS adalah Polycystic Ovary Syndrome.  Singkatnya, PCOS adalah sindrom pada perempuan dimana sel2 telur di ovarium tidak bisa matang/membesar dengan normal. Apakah bahaya? Bahaya banget sih ngga, tapi sangat mempengaruhi kesuburan tentunya. Whatss??? terus bisa hamil ga?? BISA..tapi ya harus diupayakan biar sel telurnya bisa membesar.

Dipertemuan pertama ini, bu dokter merekomendasikan untuk tes HSG. HSG, singkatan dari histerosalpingogram adalah suatu metode pemeriksaan diagnostik untuk memeriksa ke dalam rahim dan saluran tuba (fallopian tubes) dan daerah sekitarnya. Pemeriksaan ini menggunakan x-ray dan biasa dilakukan pada wanita yang mengalami kesulitan untuk hamil.

Selain HSG, sang dokter juga ngasih resep obat yg mempengaruhi hormon insulin... Sumpahnya tiap abis minum obat itu rasanya muallll bangett..tapi itulah efek sampingnya :-(

 Hari Rabu malam pulang kerja memutuskan untuk ke lab untuk tes HSG... Sakittttt banget rasanya, ampe besoknya ga bsa masuk kerja...ampe linunya seminggu baru ilang. Besoknya hasil HSG keluar, tapi karna hari kerja, ga bisa langsung lapor hasilnya k dokter.

Hari sabtunya baru ketemu dokter buat lapor hasilnya, dan eng ing eng...bu dokternya ngomel knapa hasilny telat dilaporin, dan ternyata HSG itu selain buat ngcek sumbatan, juga bisa ngbantu mematangkan sel telur.....dannnnn saat di cek sama sang doker, ternyata ada satu sel telur yang matang...Asikkk ada harapan, tapi hmmmm Bismillah deh mudah mudahan sel telurny ga keburu luruh.. Dan atas saran bu dokter, disuruh banyakin makan KIWI dan APEL (minta buah yg aga murah aja tapi g bisa).

Akhirnya seminggu itu tiap hari makanin kiwi aja...Hubby juga. Enak dimulut ga enak dikantong pastinya.

15 November 2011 tepat seminggu setelah ultah pernikahan, coba cek lagi dan Alhamdulilah....doa doa terjawab sudah...Garis dua itu bikin merinding, ampe ga bsa nahan nangis pas lagi solat subuh, hubby pun sama, keliatan terharu. Senengnya bukan main

Sangking penasarannya, pas siangny ijin ke Pa Bos untuk ke dokter dan hasilnya ternyata emang psoitif...

Hulaaaa...dari situ akhirnya bisa kuliah bareng "mami sonty" dengan keadaan sama sama hamil... sama-sama ngantuk n kepanasan pas dikantor...sama sama ngemil makanan makanan sehat...sama sama milih milih kebutuhan bayi, n sama sama belajar jadi new mommy yang baik...Kayanya kita emang ditakdirkan untuk selalu barengan :-) peluk peluk mami sonty

Saran-saran buat yang lagi nunggu si garis dua :
  1. Banyak banyak berdoa
  2. Introspeksi diri
  3. Kalo mau program hamil, jangan cari dokter yg terkenal, tapi cari dokter yg ahli di masalah ini
  4. Jangan putus asa karna semua udah ada yg nentuin
  5. Cari aktifitas positif yang bisa ngalihin pikiran dr kesedihan kita sambil tetep berusaha
  6. Keep Smile !!!

5 comments:

Sonty Lena said...

terharu..terharu deh sama tulisannya bunda kenzo...perjuangan yang berbuah manis..semanis senyuman anak2 kita...tetep semangat berusaha,sabar dan pasrah...kiss ..kiss..bunda....:)

Sonty Lena said...

terharu..terharu deh sama tulisannya bunda kenzo...perjuangan yang berbuah manis..semanis senyuman anak2 kita...tetep semangat berusaha,sabar dan pasrah...kiss ..kiss..bunda....:)

widya revina said...

Iya mamiii, ga kerasa udah pada toddler juga xixi

Ety Abdoel said...

Makasih sharingnya mba.
Tips nya pasti bermanfaat bagi yang sedang menunggu momongan.
Salam kenal.

Revina said...

Salam kenal mba ety,...
Iya mb smoga bmanfaat ya pengalaman ak ini. Makasih dah mampir sini mba